Sektor parawisata yang menjadi potensi unggulan bagi kabupaten Tambrauw adalah Wisata Alam dan Wisata Sejarah

Wisata alam  berupa pemandangan Pantai  Jamursbamedi. Pantai Jamursba Medi terletak di pantai utara kepala burung Papua  Barat. Untuk mencapai lokasi, dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat yang memerlukan waktu sekitar enam jam dari Sorong.

Pantai Jamursba Medi diapit dua desa yaitu Desa Saubeba di sebelah barat dan Desa Warmandi di sebelah timur. yang sangat indah dan di tempat yang sama anda juga bisa melihat penyu Belimbing  jaraknya kurang lebih 5 km dari kampung saubeba Distrik Abun.  Penyu Belimbing adalah adalah Jenis bianatang langkah yang di lindungi.setiap tahun daerah wisata ini di kunjungi oleh pencinta lingkungan hidup dan para peneliti dari berbaga negara di dunia,seperti Australia, Jepang, Belanda,Prancis, Jerman, New Zealand Dan Singapura.Terdapat tiga pantai peneluran utama di sini, Pantai Wembrak (6505 meter), Pantai Batu Rumah (6330 meter) dan Pantai Warmamedi (5110 meter). Ada empat jenis penyu yang bertelur di Jamursba Medi yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu lekang dan penyu sisik. Dari keempat jenis penyu yang ada dilokasi tersebut didominasi oleh penyu belimbing dan berdasarkan informasi yang beredar di forum internasional, Pantai Jamursba Medi adalah pantai peneluran terbesar penyu belimbing yang masih tersisa di Samudera Pasifik.

Musim peneluran terjadi pada bulan Maret sampai dengan Oktober dengan puncak peneluran terjadi pada bulan Mei dan Juni. Di luar waktu-waktu tersebut, gelombang di lokasi Jamursba Medi sangat tinggi sehingga hanya sedikit ditemui penyu yang bertelur. Menurut informasi penduduk di lokasi tersebut, pada musim gelombang besar, induk penyu belimbing berpindah ke pantai Warmon di sebelah timur untuk bertelur. YPLI melakukan perlindungan telur di Jamursba Medi sejak April 2000 didahului dengan pemberian nomor zona lokasi masing-masing berjarak 50 meter antara nomor yang satu dengan nomor yang lainnya. Pembagian zona ini dimaksudkan untuk mengetahui lokasi yang paling sering didarati penyu untuk bertelur disamping untuk mengetahui panjang pantai sesungguhnya.

Daerah pantai Jamursbamedi merupakan binaan   Yayasan WWF Papua Wilayah Kabupaten Sorong, apabila di kelola dengan baik akan menjadi daerah tujuan wisata yang menarik karena Penyu Belimbing  hanya hidup di  3 (tiga) tempat di dunia Yakni Amerika selatan,India Dan Indonesia (Provinsi Papua Barat Kususnya Di Distri Abun Kabupaten Tambrauw).

Wisata Sejarah dimana terdapat sisa-sisa peninggalan sejarah perang dunia kedua di sekitar Sausapor,Werur dan Pulau Dua,