Kabupaten Sorong Selatan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Papua Barat, Merupakan pemekaran yang di bentuk berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002 dengan Ibukota di Teminabuan. Pada Tahun 2008, Kabupaten Sorong Selatan terdiri dari 218 Kampung dan 3 Kelurahan yang terbagi dalam 14 Distrik. Distrik yang memiliki jumlah Kampung/Kelurahan terbanyak adalah Distrik Aitinyo dengan 27 Kampung. Sedangkan Distrik Ayamaru memiliki Jumlah Kampung terbanyak kedua dengan 24 Kampung dan 1 Kelurahan. Distrik Teminabuan yang merupakan Ibukota Kabupaten Hanya memiliki 18 Kampung dan 2 Kelurahan. Sedangkan Distrik yang memiliki Kampung paling sedikit adalah Distrik Moswaren dengan 6 Kampungnya.

Jika dilihat menurut Luas Wilayah perDistrik, Distrik Inanwatan adalah Distrik terbesar dengan luas wilayah lebih dari 4.234 KM2 atau sebesar 14,20%. Sedangkan Distrik Teminabuan sebagai Ibukota Kabupaten Sorong Selatan memiliki Luas wilayah 1.833 KM2 atau sebesar 6,15%. Distrik yang memiliki wilayah terkecil adalah Distrik Ayamaru Utara yaitu sebesar 1,071 KM2 Atau Hanya Sebesar 3,59 % dari total wilayah Sorong Selatan. Secara Administratif, letak Kabupaten Sorong Selatan berbatasan dengan :

  • Sebelah Utara    : Dengan Distrik Moraid dan Distrik Fef Kabupaten Sorong
  • Sebelah Timur   : Berbatasan dengan Distrik Kebar Kabupaten Manokwari, Distrik Moskona Utara, Distrik Moskona Selatan dan Distrik Aranday Kabupaten Teluk Bintuni,
  • Sebelah Selatan : Berbatasan Dengan Teluk Bintuni dan Laut Seram,
  • Sebelah Barat     : Berbatasan dengan Laut Seram, Distrik Beraur dan Distrik Makbon Kabupaten Sorong