Danau Anggi, Danau ‘Sepasang Kekasih’ Di Pegunungan Arfak

Pernah dengar cerita soal sepasang danau yang konon katanya adalah sepasang kekasih? Danau Anggi di  Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat tidak hanya menyimpan keindahan alam tetapi juga sebuah cerita cinta di baliknya. Warga sekitar mempercayai legenda yang hingga kini menjadi misteri. Tidak hanya keberadaan danau itu tapi juga keseluruhan alam di Pegunungan Arfak seperti sebuah misteri yang belum terungkap.

Sebuah cerita yang dipercaya warga  kalau  dahulu kala ada sepasang kekasih yang sedang jatuh cinta di Pegunungan Arfak. Sebagai bentuk ekpresinya cinta,terbentuklah dua buah danau besar sebagai yaitu Danau Anggi Ginji sebagai danau pria dan danau Anggi Gita adalah danau perempuan. Warga juga percaya kalau di dalam tersebut hidup seekor naga jantan dan naga betina.

Perbedaan kedua danau dapat dilihat dari warna air.  Warna air di danau Anggi Ginji kehitaman sedangkan danau Anggi Gita bewarna biru terang. Secara ilmiah, kedua danau ini berbeda warna karena ada pantulan cahaya dari pohon di sekitarnya dan berbagai plankton yang hidup di dalam danau.

Peluang investasi yang bisa di  kembangkan di kabupaten Pegaf adalah pembangunan Resort dan Penginapan