Pendidikan

Pendidikan pada prinsipnya merupakan suatu proses penyiapan subyek didik menuju masa depan yang bertanggung jawab. Artinya subyek dipersiapkan untuk menjadi manusia yang  berani berbuat dan berani pula bertanggung jawab. Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Tujuan pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantab dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Kondisi pendidikan di wilayah Kabupaten Maybrat secara umum sangat membanggakan dalam arti bahwa masyarakat dengan berbagai upaya telah berusaha sedemikianrupa untuk membantu Pemerintah dalam rangka memajukan pendidikan pada umumnya sesuai dengan kemampuan dan kondisi pada zamannya. Sejarah mencatat bahwa diwilayah Kabupaten Maybrat yakni di Kecamatan (distrik) Ayamaru pada sekitar tahun 1974-1975 telah dibangun untuk yang pertama kali  Sekolah Dasar Negeri “ Koma-Koma “ dengan konstruksi permanen menggunakan sistim rabit (dinding semen bertulang). Konstruksi yang demikian lazim dipakai di daerah Irian Jaya ( Papua ) pada waktu itu.

Yang perlu dicatat adalah semangat masyarakat atas partisipasinya terhadap pembangunan sarana dan prasarana pendidikan pada umumnya.  Atas musyawarah para tokoh masyarakat di Ayamaru disepakati untuk membangun sekolah yang permanen .

Disepakati bahwa bahan bangunan didatangkan oleh kontraktor melalui pelabuhan laut di Teminabuan dan dibantu pengangkutannya oleh masyarakat sampai ke Mefkajim – Ayamaru dengan cara dipikul melalui jalan setapak yang berjarak kurang lebih 48 km. Seperti misalnya semen tiap zak dipikul bergantian oleh 4 orang, dengan sekedar imbal jasa yang pas-pasan waktu itu. Semangat yang demikian pada akhirnya menyebar sampai ke seluruh wilayah A3 ( Ayamaru-Aifat dan Aitinyo).

Sampai dengan saat ini sarana dan prasarana pendidikan serta tenaga pendidik yang mengabdikan dirinya di Kabupaten Maybrat semakin maju dan bertambah . Beberapa sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Maybrat adalah sebagai berikut :

Tabel 13

JUMLAH SEKOLAH,SISWA DAN TENAGA PENGAJAR

DI KABUPATEN MAYBRAT

NO.

JENIS SEKOLAH

JUMLAH SEKOLAH

JUMLAH

SISWA

JUMLAH PENGAJAR

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

SD. NEGERI

SD. YPK

SD. YPPK

SLTP NEGERI

SLTA UMUM

SLTA KEJURUAN

PERG. TINGGI

LAINNYA

JUMLAH