POTENSI PARIWISATA

Potensi pariwisata di Kabupaten Maybrat yang secara alami telah ada dan merupakan kebesaran Yang Maha Kuasa adalah potensi wisata alam yang cukup banyak dimiliki dan perlu dikelola dan diperkenalkan kepada masyarakat luas yaitu :

1.   Wisata alam danau Ayamaru , kolam air biru di Framu, Segior, Mapura, Bawio dan Kuala Sentuf serta Mos Somogum di Sauf;

2.   Wisata alam danau Uter di Aitinyo;

3.   Wisata alam air terjun di Seni dan Kisor

4.   Wisata alam hutan lindung di Aifat Timur .

Potensi Pariwisata sebagaimana tersebut diatas masih  perlu dikelola dan dikembangkan dengan berbagai sarana pendukungnya.

Selain potensi wisata alam sebagaimana tersebut diatas , obyek wisata budaya dan obyek wisata rohani perlu digali untuk dilestarikan , seperti misalnya situs Tapak Kaki Jesus di Sauf dan sebagainya.

Kemudian potensi-potensi lainnya yang pada saat ini sedang dikerjakan dan menjadi bagian dari rencana pembangunan di Kabupa-

ten Maybrat adalah pengembangan usaha dan budidaya  peternakan di Suswa . Potensi pengembangan perikanan darat di sekitar Danau Ayamaru yakni di Segior, Yukase dan Mapura.

Kemudian potensi pembangunan Pembangkit  Listrik Tenaga Air (PLTA)  kemungkinan dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan Sungai Kamundan dan sungai Mosway di Mapura.