POTENSI HUTAN

Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi oleh pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainya tidak dapat dipisahkan.

Sistem pengurusan kehutanan sebagaimana diatur di dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 memberikan kewajiban bagi instansi teknis yang membidangi urusan kehutaman untuk melakukan pengurusan, pengelolaan  kawasan dan hasil hutan yang ada di dalamnya. Di dalam pengurusan hutan dikenal istilah hutan produksi, hutan lindung, hutan konservasi , hutan suaka alam, dan berbagai peristilahan tentang kehutanan.

Yang penting untuk diketahui bahwa tujuan penyelenggaraan urusan kehutanan pada dasarnya diperuntukkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan.Bahwa penguasaan hutan oleh negara tetap memperhatikan hak masyarakat hukum adat, sepanjang di dalam kenyataan masih ada dan diakui keberadaanya serta tidak bertentangan dengan kepentingan nasional.

Pemerintah menetapkan tiga fungsi hutan yakni :

1.   Fungsi konservasi;

2.   Fungsi lindung; dan

3.   Fungsi produksi.

Potensi hutan di Kabupaten Maybrat berdasarkan penelitian yang dilaksanakan melalui kerjasama antara Bappeda Kabupaten Sorong Selatan dengan Pengkajian Teknologi Pertanian Irian Jaya Barat dan-

Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, pada laporan yang diterbitkan di dalam Buku Laporan Final Perwilayahan Komoditas Pertanian Berdasarkan Zona Agro Ekologi ( ZAE ) Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Irian Jaya Barat Tahun 2006 diperoleh gambaran sebagai berikut :

Tabel : 16

LUAS KAWASAN HUTAN BERDASARKAN FUNGSI HUTAN

Fungsi Hutan Luas  ( Km2) Keterangan
Areal penggunaan lain 110,78
Hutan lindung 2005,70
Hutan Produksi 3708,64
Hutan Produksi terbatas 644.31
Hutan Produksi yang Dapat dikonversi 4.360,02
Hutan suaka alam dan Hutan wisata 143,72
Perairan 88,86
Jumlah 11062, 03

Sumber : Buku Database Pembangunan Pertanian Kabupaten Sorong Selatan  Tahun 2007

Sementara potensi hasil hutan yang dimiliki oleh Kabupaten Maybrat selain

Kayu log, masih cukup banyak hasil hutan lainnya seperti rotan, damar, kulit lawang, kayu gaharu dan lainnya.