Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi dan/atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri ( Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian ).

Pengembangan industri di Kabupaten Maybrat  pada saat ini masih terbatas pada usaha industri rakyat yang bersifat tradisional. Bahan mentah atau bahan baku yang berasal dari sumberdaya alam daerah sementara ini belum diolah di wilayah Kabupaten Maybrat . Diharapkan bahwa pada waktu yang akan datang pengolahan bahan mentah dan bahan baku yang berasal dari sumberdaya alam darah dapat diolah dan  dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan industri yang tumbuh di Kabupaten Maybrat.

Beberapa industri kecil/industri rumah tangga yang ada di Kabupaten Maybrat adalah : ………………………

Perdagangan

Sejak dikenalnya mata uang sebagai alat pembayaran yang sah, maka kehidupan perdagangan di wilayah Kabupaten Maybrat telah lama ada. Pasar-pasar rakyat telah tumbuh di beberapa daerah walaupun belum merupakan pasar permanen, namun kegiatan transaksi perdagangan terjadi setiap hari. Walaupun perdagangan telah tumbuh di Kabupaten Maybrat yang dibuktikan dengan tumbuhnya beberapa pasar rakyat dan toko-toko kecil dan kios yang menjual sembako dan kebutuhan lainnya, namun seiring dengan aktifitas perdagangan tersebut tradisi masyarakat untuk melakukan semacam barter dengan sebutan “ pele gona “ masih dapat dijumpai di beberapa daerah.

Aktifitas perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat dengan bentuk pasar rakyat dan usaha kios di Kabupaten Maybrat dapat dikemukakan sebagai berikut : ……………………………..