Salah satu potensi alam yang sangat menjanjikan bagi masa depan Kabupaten Teluk Wondama adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih ( TNTC ). Panorama TNTC merupakan perimadona bagi pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Teluk Wodama. Taman Laut ini selain memiliki panorama yang indah juga memiliki kawasan yang sangat luas, terbentang dari arah timur semenanjung Kwatisore sampai di bagian utara  pulau Rumberpon. Panjang garis pantai TNTC 500 Km serta luas daratan 68.200 ha terdiri dari pesisir pantai 12.400 ha, dan daratan pada pulau-pulau seluas 55.800 ha. Potensi pariwisata yang dapat di kembangkan di Masa mendatang adalah cagar alam gunung Wondiboi.

Beberapa obyek wisata alam dan bahari  yang ada di kabupaten teluk wondama adalah Taman laut Nasional teluk Cendrawasi, Cagar Alam Wondiboy, Pantai Pasir Putih , Terumbu Karang, Pulau Rumberpon, Pulau Nusaka, Sumber Mata Air dan Kali Panas di pulau Roswar, Peneluran Penyu alamai dan ketam kenari di pulau Wairundi.

Disamping Obyek wisata alam anda juga dapat melakukan wisata religi  di beberapa tempat seperti Perkampungan Tradisional dan Alkitab Tua di Pulau Roon, Bukit Aitumeri, Makam Penginjil Batu Ramai di pulau Yop, situs Gereja Tua dan Makam Penginjil di kampung Yomber.