Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pada Pasal 33 ayat (1)  mengamanatkan  bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi sebagai badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum merupakan bentuk badan usaha yang sesuai dengan Pasal 33 ayat (1) tersebut. Dengan memperhatikan kedudukan koperasi sebagaimana tersebut diatas, maka peran koperasi sangatlah penting dalam menumbuh kembangkan potensi ekonomi rakyat. Serta dalam mewujudkan kehidupan demokrasi ekonomi dengan ciri-ciri kebersamaan, kekeluargaan dan keterbukaan.

Beberapa koperasi baik yang telah berbadan hukum dan belum yang pada saat ini aktif di Kabupaten Maybrat adalah : ………….

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah bahwa bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Usaha-usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang telah mulai tumbuh di Kabupaten Maybrat dapat dikemukakan sebagai berikut : ………..