Kepulauan Raja Ampat yang terletak di sebelah barat laut pesisir Papua, Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak tahun 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2  berupa daratan, 40.000 km2 berupa lautan. Pulau-pulau yang belum terjama dan lautnya yang masih asri membuat wisatawan langsung terpikat, mereka seakan ingin menjelajahi seluruh perairan di “Kepala Burung” Pulau Papua. Indonesia merupakan kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi serta habitat laut dan darat yang mengagumkan. Raja Ampat terletak di dekat jantung ” Segitiga Karang ” (“Coral Triangel”) Sebuah kawasan yang mencakupi bagian Utara Australia, Philipina, Indonesia, dan Papua Nugini yang memiliki keragaman karang tertinggi di Dunia. Kepulauan ini merupakan salah satu kawasan yang memiliki fauna ikan karang terkaya di dunia yang terdiri dari paling sedikit 1,047 Spesies serta merupakan areal pembesaran bagi sebagian besar jenis penyu yang terancam punah. Bagian permukaan laut kawasan ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah termasuk diantaranya tonjolan-tonjolan puncak batu kapur yang unik, celukan pantai dikelilingi Oleh Pasir dan Pohon Palem, dan tepian ekosistem terumbu yang juga sangat unik.

Sektor pariwisata di Kabupaten Raja Ampat merupakan sektor unggulan serta sektor yang menyumbang pendapatan terbesar bagi Kabupaten ini. Keindahan Alam Bawah laut di Kabupaten Raja Ampat sangat Indah, sehingga Kabupaten Raja Ampat di juluki sebagai Kabupaten Bahari di Provinsi Papua Barat. Keelokan Raja Ampat terdengar hingga ke Mancanegara, sehingga tak heran jika Kabupaten Raja Ampat merupakan daerah yang paling sering di Kunjungi oleh Wisatawan manca negara. Selain Panorama alami alami, Kabupaten Raja Ampat juga Menciptakan sebuah tempat untuk bersantai Keluarga yang terletak di Pinggir pantai yang berada di daerah Waisai yang di beri nama Waisai Trade Center ( WTC )

Bila anda ingin berwisata ke Raja Ampat,  pertama-tama yang harus di ketahui adalah rute penerbangan menuju Raja Ampat. Ada beberapa Maskapai penerbangan  ke Raja Amapat via Sorong yaitu Batavia Air, Express Air, Lion Air, Srivijaya Air,Merpati  semua penerbangan ke Raja Ampat melalui Bandara Internasional Hasanuddin di Makassaar dengan jarak tempuh 2 jam 15 menit penerbangan. Pada saat anda mendarat di bandara Domne Eduard Osok Sorong anda bisa langsung menuju lokasi kapal cepat berkapasitas 10 orang yang tarifnya RP. 3,2 Juta sekali jalan. Perlu sekitar 2 jam untuk mencapai Raja Ampat, tidak perluh khawatir bila  ingin ke Raja Ampat karena pada saat anda mendarat di Bandara anda bisa lanngsung dipandu oleh beberapa pengelolah wisata yang pelayanannya sudah berstandar internasional salah satunya adalah Papua Diving

Sebagai juara dalam urusan bawah laut, tentu Anda tak boleh melewatkan kegiatan diving atau snorkeling. Untuk pengalaman werck diving, Pulau Wai bisa jadi pilihan, walaupun mayoritas pulau-pulau di sini bisa dijadikan titik selam yang tak mengecewakan, namun tiap tempat punya karakternya masing-masing.

Nah, untuk rekomendasi pulau lain, Pulau Wayang juga bisa menggetarkan hati Anda oleh fairy tale view-nya dan memanjakan mata berkat luar biasanya tanah papua. Tak hanya itu, di pulau ini Anda juga bisa menikmati sensasi diving di spot favorit penyelam.


Spot yang mesti anda selami ketika berada di raja Ampat


WILDLIFE
Ikuti Jejak Russel Wallace dan temukan burung surga di Raja Ampat

Sorido Bay Resort Raja Ampat

Terletak di daerah laguna Kri. Kri memiliki tempat menyelam terbaik di daerah Ampat seluruh Raja. Ini adalah tawaran terbaik jika Anda ingin menyelam di Raja Ampat dan tinggal di sebuah resor, karena itu dikelilingi oleh situs menyelam yang paling indah.

Dari dermaga, terlihat struktur kayu yang indah di pantai pasir putih. Sorido Bay adalah resor yang sangat modern dengan sentuhan gaya tradisional Papua. Itu sempurna untuk pengalaman menyelam Anda.

Setiap resor / kamar memiliki udara con, TV, kulkas, mandi air panas dan dingin, dll Mereka memiliki WIFI juga!TV

Tempat makan favorit

Satu-satunya tempat makan yang bisa menjamu Anda dengan baik adalah di restoran tempat Anda menginap. Namun jika Anda ingin mencoba makanan di luar, restoran yang bisa Anda masuki hanya terdapat di kota Sorong.

Entah sebelum menuju Raja Ampat atau ketika ingin pulang. Di sana ada beberapa restoran yang menyajikan berbagai hidangan seafood segar yabg bisa di jadikan pilihan.

Penginapan

Penginapan sangat sederhana yang hanya  berdinding  serta beratap anyaman daun kelapa bertarif minimal 75 Euro atau RP.900 ribu semalam. Jika ingin menyelam harus membayar 30 Euro atau sekitar PRP. 360 ribu sekali menyelam pada satu lokasi tertentu. Kebanyakan wisatawan datang dari Eropa. Hanya beberapa wisatawan asal Indonesia yang menginap dan menyelam disana.

“Turis menyelam hampir setiap hari karena lokasi penyelaman sangat luas dan beragam. Keindahan terumbu karangnya memang bervariasi sehingga banyak pilihan dan mengundang penasaran.

Misool Eco Resort, berlokasi dekat dengan dive site terbaik dan pantai berpasir putih halus serta laut dengan terumbu karang paling cantik. Penginapan ini merupakan penginapan termewah di Raja Ampat.

Bagaimana tidak semuanya dirancang sempurna untk memanjakan tamu yang mayoritas turis asing.

KRI ECO RESORT
Akomodasi Tradisional Papua : Menggunakan hanya bahan baku dan pengrajin lokal

Misool  surga kecil yang ada di bumi dengan keindahan pantai dan taman laut yang menakjubkan. Membentang sederetan pulau batu karang di bagian barat dan timurnya, Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat. Terdapat berbagai kegiatan wisata bahari yang dapat Anda lakukan  termasuk Snorkeling dan diving adalah tentu yang utama dan tak boleh dilewatkan saat menjejakkan kaki di kawasan yang terkenal di dunia internasional sebagai surga bawah laut terbaik sekaligus fenomena alam yang langka yaitu Air lautnya yang bening memungkinkan Anda untuk menyaksikan pemandangan keindahan bawah laut bahkan sekalipun dari atas kapal.

Merasa Aman
Beberapa pengelola tempat wisata di Raja Ampat melibatkan Warga lokal dalam pembangunan dan pengelolaan resort, bahkan ada pengelola yang mempunyai presentasi 90 dari 100 karyawannya adalah warga Papua. Penduduk juga memasok ikan, sayur-mayur, buah-buahan, dan lainnya. Salah satu paket wisatanya mengunjungi perkampungan untuk melihat tanaman dan hewan khas setempat, termasuk burung Cendrawasih. Banyak wisatawan yang menjadi donatur pembangunan gereja dan pendidikan anak-anak terutama  di sekitar Man- suar.
Pemda Setempat beserta salah satu tokoh Parawisata Raja  Ampat yakni Max Ammer mempunyai komitmen untuk meningkatkan ekonomi dan keterampilan warga setempat. Mereka dilatih untuk berbahasa asing dan menggunakan peralatan selam. Wisatawan pun merasa aman di kala siang maupun malam saat menikmati terik dan tenggelamnya matahari maupun saat berenang dan menyelam di laut yang sangat dalam.
Pada saat anda melintasi Jalan menujuh Bandar Udara Marinda kemungkinan anda akan terkecoh dengan sebuah Resort yang bernama Waiwo Dive Resort, nuansa alami yang begitu kental, berpagarkan hutan  alami, lorong-lorong menuju resort juga dari pepohonan alami, dari jalan raja anda akan masuk hutan dan di dalam hutan tersebut  berjejeran resort-resort yangs sangat indah, tidak berhenti disitu anda juga akan langsung disunguhkan pemandangan pantai yang sangat mempesona  tempat tersebut juga  siap menyajikan seluruh pemandangan bawah dan atas laut yang mengagumkan untuk anda termasuk memberi makan ikan laut. Penasarannnn!!!
Call Center: 0821 2256 8562   |   0813 1647 3146   |   021-57957409 (office).   Jam Operasional: Senin – Jumat   09.00 WIB – 18.00 WIB

kontak person dan alamat:

Godlief Aponno, Kabid Promosi BPMP2T Papua Barat   Phone 081227619000

Agustinus Dapa Doda  Kasubid Pengembangan  Promosi BPMP2T Papua Barat   Phone  082197688565

Kri Island, Mansuar

Raja Ampat, Papua Barat

Papua – Indonesia

Mobile: +62 (0)815 27000610 (Inke)

Mobile: +62 (0)811 480 7610

Jl.Gunung Tidar No.1

Kampung Baru Sorong 98413

Papua – Indonesia

Guest Relation Airport: +62 (0)815 27000624

Email: info@papua-diving.co

Penginapan

Misool Eco Resort, berlokasi dekat dengan dive site terbaik dan pantai berpasir putih halus serta laut dengan terumbu karang paling cantik. Penginapan ini merupakan penginapan termewah di Raja Ampat.

Bagaimana tidak semuanya dirancang sempurna untk memanjakan tamu yang mayoritas turis asing.