Pariwisata

Kabupaten Kaimana hasil pemekaran dari kabupaten Fak-Fak terletak di bagian Selatan Kepala Burung Pulau Papua adalah satu kota tua yang menyimpan sejuta panorama keindahan alam yang khas. Sebagaimana halnya wilayah pesisir di pantai selatan Papua, Kabupaten Kaimana memiliki fisiografi lahan perpaduan antara bukit-bukit karang yang terjal, diselingi oleh lembah yang curam serta daerah dasar lembah yang landai dengan juluran teluk jauh ke darat, diselingi gisik-gisik pantai dan tebing batu karang. Kondisi fisiografi demikian memunculkan suatu bentangan alam yang khas dengan berbagai keunikan hasil karya sang Pencipta yang tak terukur nilainya.

Potensi wisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Kaimana berupa pantai berpasir putih, teluk, danau, terumbu karang dan panorama senja yang indah. Selain potensi wisata alam non hayati dan hayati tersebut, juga terdapat potensi wisata budaya sebagai ekspresi perilaku masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam termasuk ritual dan kearifan lokal dalam melindungi dan melestarikan kekayaan alam mereka. Kabupaten juga memiliki fasilitas komunikasi, transportasi dan penginapan yang layak untuk pengembangan pariwisata.

Meskipun sektor pariwisata belum menjadi sektor unggulan bagi pemerintah daerah, namun Panorama senja dan beberapa pantai serta pulau-pulau kecil dapat dikembangkan untuk ekowisata (Ekotourism). Pulau-pulau kecil ini dijumpai di sepanjang pantai teluk maupun pesisir laut Kabupaten Kaimana.

Panorama senja merupakan salah satu unggulan pariwisata Kabupaten Kaimana.. Panorama senja yang indah ini telah dikumandangkan Alfian ke seluruh dunia melalui lagu “Senja Di Kaimana”. Setiap orang yang mengunjungi Kaimana menggumi keindahan panorama senja. Bahkan masyarakat Kaimana mengatakan Senja Kaimana lebih indah Bulan Purnama atau fenomena Blue Moon.

TelurPenyu 300x243 Pariwisata

Pulau Venue, adalah salah satu pulau kecil yang berada di sebelah selatan Distrik Buruway yang luasan hanya sekitar 15 ha. Pulau ini memiliki pantai pasir yang putih dan terumbu karang yang indah. Sesuai namanya, merupakan relung bertelur Penyu Belimbing dan beberapa satwa endemic maupun satwa migran. Pantai pasir putih merupakan tempat bertelur Penyu Belimbing dan Burung Maleo. Satwa migran seperti Pelikan dari Australia secara periodik setiap tahun hadir di pulau ini untuk sekedar menghindari musim yang ekstrim di habitat asalnya dan terkadang menjadikan pulau ini sebagai relung untuk berkembang biak. Pada siang hari, kelelawar banyak bergantungan di pohon Cemara pantai yang tumbuh di pulau ini untuk beristirahat menunggu malam tiba, kembali beraktivitas mencari makan. Di tengah pulau terdapat laguna (kolam karang), merupakan habitat beberapa biota laut

AnakPenyu 300x245 PariwisataDi Pulau Venue pun menyimpan situs berupa kuburan keramat yang hingga kini secara fisik masih terlihat. Perairan laut di sekeliling pulau memiliki terumbu karang dengan berbagai bentuk dan aneka warna, beragam jenis biota laut berasosiasi dengan terumbu karang memunculkan panorama dasar laut yang menakjubkan. Pulau Venue dapat dijangkau melalui laut dengan rata-rata waktu tempuh 3 – 5 jam dari ibu kota Kabupaten Kaimana; 1 – 1,5 jam dari ibu kota Distrik Buruway dan 20 – 30 menit dari Pulau Adi menggunakan long Boat/Speed Boat.Pulau-pulau kecil seperti Kepulauan Triton dan Pulau Aiduma dapat dikembangkan sebagai obyek wisata Kepulauan. Di perairan laut di sekitar pulau banyak ditemukan ikan Napoleon (Cheilinius undulates) yang berukuran besar dan berbagai jenis ikan hias seperti angelfish (Pemacantus sp) yang dapat dijadikan site point untuk wisata selam dan snorkeling. olahraga air seperti ski dan jet ski. Selain itu wilayah ini banyak ditumbuhi oleh soft coral yang sangat luas dan merupakan makanan ikan alami. Keadaan ini sangat menunjang kegiatan wisata memancing dan snorkling. Ketenangan wilayah ini juga merupakan lokasi yang sangat tepat untuk beristirahat untuk melepas lelah dan penat. Teluk Bisari, dijumpai semacam kebun karang (coral garden) yang sangat luas memanjang dari Tanjung Mosimosi ke arah kampung Sisir, merupakan suatu arsitektur alam yang sulit untuk diciptakan manusia.

TelukTriton 300x225 PariwisataLima Perairan teluk yang terdapat di Kabupaten Kaimana seperti Teluk Bisari, Teluk Etna, Teluk Avona, Teluk Triton dan Teluk Arguni. Di sepanjang perairan teluk, akan dijumpai banyak pulau kecil dengan bukit dan tebing karang akan memperlihatkan panorama alam yang indah. Keadaan ini menciptakan lokasi yang bebas dari gempuran ombak dan angin dan sangat baik untuk Perilaku masyarkat dalam budaya seperti upacara ritual, upacara penyambutan tamu dengan tarian khasnya dan upacara Sasi sebagai kearifan lokal dalam pemanfaatan sumberdaya laut, juga dapat dikembangkan menjadi obyek wisata budaya di Kabupaten Kaimana.

SEKTOR PARAWISATA
Jenis Parawisata Jumlah Alamat Peluang Investasi
  1. Wisata Bahari
2 Kaimana Triton, Nusaulan Pengembangan Investasi dibidang Eko Tourisem/Wisata

Pembangunan Penginapan/resort di kepulauan Triton

  1. Wisata Sejarah
2 Lobo dan Namatota
  1. Wisata Budaya
  1. Wisat Religi
1 Gunung Nabi ( Arguni)
  1. Wisata View
  1. Perhotelan
Pengembangan investasi dibidang saranaprasarana perhotelan.
  1. Hotel Kelas Melati
6 Kaimana
  1. Hotel Bintang
  1. Rumah Makan
  1. Cave & Rumah Makan
7 Kaimana
  1. Warung Makan
45
  1. Pedagang Lapak Kaki Lima
40 Kaimana
IV.Cave Minuman 9