Potensi pertanian di Kabupaten Fakfak yang telah dikembangkan meliputi pertanian tanaman pangan (padi dan palawija), tanaman holtikultura (sayur-sayuran dan buah-buahan), dan tanaman umbi-umbian (ketela pohon, ketela rambat, dan talas atau keladi).

Komoditas padi dikembangkan di kawasan sentra produksi Agropolitan Distrik Bomberay sedangkan untuk jenis komoditas tanaman holtikultura, tanaman umbi-umbian dan lainnya dikembangkan menyebar hampir di semua distrik terutama di Distrik Kramomongga, Teluk Patipi, Kokas, Fakfak Timur, Fakfak Barat, dan Distrik Karas. Jenis tanaman holtikultura sayur-sayuran yang telah dikembangkan di Kabupaten Fakfak antara lain sayur sawi, bayam, kangkung, lombok, tomat, ketimun, terong, kacang panjang, petsai, dan labu siam. Sedangkan tanaman buah-buahan yang dikembangkan antara lain pisang, belimbing, nenas, apokat, mangga, rambutan, langsat, durian, jeruk, dan nangka. Untuk tanaman umbi-umbian yang dikembang meliputi tanaman ketela pohon atau kasbi, ketela rambat atau petatas, dan keladi atau ubi kayu.

Gambar 3.1. Produksi Sayur-sayuran Menurut Jenis Sayur  di Kab. Fakfak Tahun 2010

Dari seluruh kondisi Pertanian di Kabupaten Fakfak, Potensi yang menjadi unggulan daerah dengan mempertimbangkan luas areal pertanian yang tersedia adalah :

  • Ø Komoditas unggulan tanaman pangan di Distrik Bomberay sebesar 154 Ha dgn total produksi 155 Ton/Tahun.
  • Ø Komoditas Unggulan berupa Buah Durian yang tersebar di hampir semua Distrik, dengan luas areal 267 Ha, tingkat rata-rata Produksi  905 Ton/Ha/Pertahun, dengan diikuti oleh Industri pengolahan Dodol Durian yang di peruntukan bagi konsumsi lokal maupun ekspor antar pulau.

Pada Sektor Pertanian Untuk tanaman padi berfokus di Distrik Bomberay dengan luas panen area adalah 34,50 Ha dengan total produksi per hektar sebanyak 1,90 ton. Tanaman jagung yang terbesar juga terdapat di Distrik Bomberay dengan luas area adalah 12 Hadengan total produksi sebanyak 32 ton dengan rata-rata produksi perhektar adalah 2,67 ton. Buah-buahan terdapat banyak di hampir semua kecamatan. Pisang banyak dihasilkan dari kecamatan Fakfak Timur dengan total produksi 8.025 ton dan Distrik Karas dengan total produksi sebanyak 8.020 ton. sedangkan alpukat banyak terdapat  di Kecamatan Fakfak dengan total produksi sebanyak 1.018 ton. Rambutan di Kecamatan Bomberay dengan total produksi sebanyak 1.562 ton, nanas di Kecamatan Kramongmongga dengan total produksi 913 ton, dan durian di Kecamatan Kramongmongga dangan total produksi sebanyak 65.460 ton.